News Update :

El Clasico

Kamis, 01 Desember 2011

    El Clasico (bahasa Inggris: The Classic; juga dikenal sebagai El Derbi Espanyol atau El Classic) adalah nama umum yang diberikan untuk setiap pertandingan sepak bola antara FC Barcelona dan Real Madrid. Pertemuan mereka terjadi setiap tahun sebagai bagian dari kompetisi La Liga Spanyol, dengan maksimum sembilan pertandingan tahun, dengan dua tambahan di Copa del Rey, Liga Champions, dan Supercopa de Espana, dengan kemungkinan lain dalam Piala Super UEFA dan Final Liga Champions. Kedua klub ini adalah klub-klub yang paling mengikuti pertandingan sepak bola di dunia, disaksikan oleh ratusan juta orang.
  Pertandingan ini bukan hanya sekedar pertandingan bisa, sebab pertandingan ini memiliki gengsi tersendiri untuk kedua tim yang merupakan penguasa liga spanyol, yaitu FC BARCELONA (68) dan REAL MADRID (73), dan faktor yang lain yang sangat berpengaruh adalah pertarungan mereka didentifikasikan sebagai pertarungan politik, yaitu BARCELONA mewakili dari bangsa CATALAN sedangkan REAL MADRID mewakili bangsa SPANYOL.
  Apalagi dalam beberapa dekade terakhir ini rivalitas mereka semakin meruncing, hal ini dapat terlihat dengan kedua klub yang semakin gencar memburu pemain-pemain terbaik dunia seperti Zlatan Ibrahimovic (2009-2010), Fabergas (2010- ) Sancez (2010- ) untuk kubu Barcelona, sedangkan dari kubu Madrid ada C.Ronaldo (2009- ), Kaka (2009-) carvalho (2009- ) dan masih banyak lagi.
  Serta kedua klub tersebut memiliki pelatih-pelatih yang hebat, Pep Guardiola (Barcelona) dan Jose Mourinho (Madrid),
  Guardiola pelatih yang fantastis, yang semula diragukan untuk melatih tim sebesar Barcelona oleh publik ketika dirinya ditunjuk sebagai pelatih tim senior oleh presiden Joan Laportal menggantikan Frank Rijkaard, langsung menjawab keraguan itu dengan memborong semua trofi yang ada di tahun pertamanya.
  Mou adalah pelatih dengan kepribadian yang kuat dan mampu menanamkan mental juara di setiap tim yang ditanganinya.Mantan pelatih Benfica ini dikenal dengan komentar-komentarnya yang sangat tajam dan kontroversial. Saat tiba di Chelsea pada 2004, ia menyebut dirinya sebagai "sang istimewa" (The Special One).    Ditambah dengan penampilannya yang bergaya "bintang film", ia kerap menjadi sasaran di halaman utama berita dan gosip. Profilnya menjadi salah satu penghuni patung lilin di Museum Madame Tussaud di London. Meski strateginya acapkali dikritik karena memainkan sepak bola negatif, dia adalah jaminan prestasi yang sahih. Tidak jarang Mourinho disebut " pelatih spesialis piala " dengan keberhasilannya merebut empat trofi domestik di empat negara yang berbeda.
  Serta faktor lain yang mampu menyedot jutaan penonton untuk melihat El Clasico adalah munculnya dua pemain yang sangat spektakuler di dunia sepak bola. Leoneil Messi adalah pemain yang disebut-sebut sebagai "New Maradona" sepak bola, yang mengantarkan Barcelona meraih titel-titel bergengsi di benua biru, serta kemampuannya mengolah si kulit bundar yang sangat ciamik, walaupun pemain ini sudah mengantongi  penghargaan  Ballon d'Or dan FIFA World Player, tapi pemain ini masih tetap merendah diri. Cristiano Ronaldo Ronaldo adalah pemain sepak bola yang dapat bermain dengan kedua kakinya, yang membuat dia dapat bermain di mana saja: kanan, kiri atau melalui tengah.Ronaldo memiliki kemampuan teknik yang hebat. Selain gerakan multi step-over, dia juga mengembangkan banyak kemampuan lainnya, membuat dia sangat lincah dan sebagai pemain sayap yang tidak dapat diprediksikan gerakannya. Disamping kemampuan mengolah bolanya yang luar biasa, dia juga piawai dalam mengeksekusi bola-bola mati, itulah yang membuatnya menjadi salah satu pemain yang paling berbahaya bagi lawannya, dia dapat mencetak gol dengan cara apapun. tapi mantan pemain terbaik dunia tahun 2008 ini dikenal sebagai pemain egois,


 rekor pertemuan kedua tim

  • La Liga
    Real Madrid wins68
    FC Barcelona wins63
    Draws31
    Real Madrid goals259
    FC Barcelona goals252
    Total matches162


  • Super Spanyol
    Real Madrid wins5
    FC Barcelona wins3
    Draws2
    Real Madrid goals21
    FC Barcelona goals13
    Total matches10
  • Copa Del Rey
    Real Madrid wins0
    FC Barcelona wins2
    Draws4
    Real Madrid goals8
    FC Barcelona goals13
    Total matches6
  • Liga Champions
    Real Madrid wins5
    FC Barcelona wins3
    Draws2
    Real Madrid goals21
    FC Barcelona goals13
    Total matches10
  • Semua Pertemuan
    Real Madrid wins86
    FC Barcelona wins84
    Draws45
    Real Madrid goals354
    FC Barcelona goals347
    Total matches215
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Gunawan Excel 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.